Saturday, February 12, 2011

Kapan Samarinda Punya Jaringan PLN Bawah Tanah


Samarinda, 9 Februari 2011
Kapan Samarinda mempunyai instalasi jaringan listrik dan telpon bawah tanah (underground)? Hal ini sudah sangat diperlukan mengingat banyak kabel listrik dan telpon yang berseliweran di jalan-jalan kota Samarinda. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya kabel-kabel TV kabel yang ikut menumpang ditiang-tiang telpon dan listrik.

Kondisi ini sangat berbahaya bagi orang-orang yang lewat dibawahnya. Selain itu, banyaknya truk-truk kontainer yang tingginya melebihi tiang listrik dan telpon sering lalu lalang melintas di jalan kota sehingga kabel-kabel tersebut rentan putus tersangkut angkutan kontainer.
Instalasi jaringan bawah tanah sudah lama digunakan di kota-kota besar di luar negeri. Ada hal positif dari penggunaan instalasi bawah tanah ini yakni tidak adanya kabel-kabel yang "berseliweran" diantara bangunan diatasnya. Jaringan bawah tanah yang didesain dengan membuat gorong-gorong besar yang berguna juga sebagai drainase untuk mengatasi banjir dikala musim penghujan datang.
Sudah saatnya pemerintah kota membenahi ibukota propinsi ini dari kesemrawutan. Mulai dari penataan kota hingga sistem administrasi yang sampai saat ini masih kalah dibandingkan kota saudaranya Balikpapan yang memiliki penataan kota dan sistem administrasi yang sudah baik dan beberapa kali mendapatkan penghargaan.
Kita berharap Samarinda sebagai ibukota propinsi dapat menjadi yang terbaik dan contoh bagi daerah-daerah lain di kalimantan.

No comments:

Post a Comment